oleh : Daru Asih
Publish : DIGNA Telaah dan Opini Proaktif
Abstract
The
concept of internal marketing (IM) can be interpreted as the
relationship between the organization's ability to market needs and
wants. This means that organizations can adapt to business environment
in providing added value to its customers. IM is a strategic weapon that
help achieve quality of service is excellent, creating customer
satisfaction better too. Company's competitive advantage can be achieved
through customer orientation by first giving theemployee's
satisfaction, so that employees can provide all the customersatisfaction
Di kebanyakan perusahaan, terutama perusahaan yang bergerak di bidang jasa, peran karyawan
sangat menentukan dalam memberikan kepuasan pada pelanggan. Hal ini dikarenakan proses produksi dan konsumsi pada jasa terjadi secara simultan. Pemasaran jasa akan lebih mudah dipahami dengan pendekatan elemen-elemen gabungan antara produk dan distribusi, yang menekankan pada ketergantungan yang saling menguntungkan (mutualism) antara elemen-elemen tersebut.
Pendekatan ini memungkinkan manajemen untuk memfokuskan perhatian pada pen-tingnya peran karyawan dalam melayani konsumen.
Pemasaran, operasi dan manajemen sumber daya manusia pada jasa lebih saling terkait dibandingkan perusahaan manufaktur. Kegiatan manufaktur biasanya mempunyai jarak dari titik pembelian dengan konsumsinya, dan secara ........................... . . (baca_selengkapnya )
Artikel lengkap dikompilasi oleh/hubungi :
Kanaidi, SE., M.Si (Penulis, Peneliti, PeBisnis, Trainer dan Dosen Marketing Management).
Kanaidi, SE., M.Si (Penulis, Peneliti, PeBisnis, Trainer dan Dosen Marketing Management).
e-mail ke : kana_ati@yahoo.com atau kanaidi@poltekpos.ac.id
-----------------------------------
Butuh Artikel/Jurnal lainnya ?, click di :
- Jurnal Business & Marketing
- Jurnal Manajemen Sdm
- Daftar-Judul-Hasil-PENELITIAN-Relevan
- Jurnal Kualitas Jasa (Servqual)
- Jurnal Loyalitas Pelanggan (Loyalty)
- Jurnal Corporate Image
Tidak ada komentar:
Posting Komentar