Selasa, 02 Juli 2013

Pengaruh dimensi-dimensi internal marketing terhadap kepuasan kerja karyawan

Nur Aini - 2009
Abstrak :
Penelitian ini menguji pengaruh dimensi – dimensi pemasaran internal yang terdiri atas policies and procedures, teamwork, management support, goal alignment, effective training dan communication terhadap kepuasan kerja karyawan di perpustakaan ITS Surabaya. Populasi dari penelitian ini adalah semua karyawan perpustakaan Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya, kecuali kepala perpustakaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling sebanyak 42 responden. Pengukuran variabel bebas dan variabel terikat menggunakan skala lickert. Data diuji dengan uji statistic regresi linear berganda dengan bantuan SPSS for windows version 12.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Ada pengaruh secara bersama – sama (simultan) antara variabel – variabel tools, policies and procedures, teamwork, management support, goal aligment, effective training dan communication terhadap kepuasan kerja karyawan perpustakaan ITS dengan nilai F-hitung sebesar 16,561 yang lebih besar dari F-tabel yaitu sebesar 2,29 (16,561 > 2,29), Ada pengaruh signifikan yang terjadi secara parsial antara variabel teamwork, management support, dan communication terhadap kepuasan kerja karyawan dengan probabilitas (Sig) masing – masing variabel yang kurang dari taraf signifikansi (0,05). Sedangkan variabel tools, policies and procedures, goal aligment, dan effective training secara parsial dinyatakan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel dependen (kepuasan karyawan) karena masing – masing variabel tersebut memiliki probabilitas (Sig) > taraf signifikansi (0,05). Sedangkan variabel yang berpengaruh paling dominan terhadap kepuasan kerja karyawan adalah variabel communication dengan sumbangan efektif sebesar 27,889 %
Keyword : Internal marketing (pemasaran internal), Tools, Policies and Procedures (kebijakan dan peraturan), Teamwork (kerjasama), Management Support (dukungan manajemen), Goal Alignment (arah dan tujuan), Effective Training (pelatihan), komunikasi, dan kepuasan.

(baca_selengkapnya)  


Artikel lengkap dikompilasi oleh/hubungi :
Kanaidi, SE., M.Si (Penulis, Peneliti, PeBisnis, Trainer dan Dosen Marketing Management).
e-mail ke : kana_ati@yahoo.com atau kanaidi@poltekpos.ac.id
HP. 08122353284
------------------------------- 
Butuh Artikel/Jurnal Lainnya ?, click di :
Kami memiliki beberapa Artikel/Jurnal tentang :
                                                   
“Peluang BISNIS ONLINE” secara Sederhana……MINAT?... coba lihat (click) dulu di http://formulabisnis.com/?id=ken_kanaidi
 
E:\K A N A I D I\Journal

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar